Jumat, 03 Oktober 2014

CONTOH TEKS EKSPOSISI



MANFAAT MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER
Pendidikan merupakan sarana untuk mendidik, mengembangkan, dan mengasilkan insane yang cerdas lahir dan batinnya. Pendidikan saat ini cenderung hanya memfokuskan pada bentuk pengembangan kognitif atau pengetahuan semata. Bahkan sebenarnya ketika pengetahuan read the book tersebut diterapkan dalam kehidupan sehari-hari tidak begitu memberikan pengaruh besar. Justru keterampilan dan sikap yang menjadi tolok ukur kesuksesan seseorang.
Melihat fenomena tersebut banyak cara yang dicoba diterapkan sekolah untuk membentuk siswa yang memiliki karakter yang unggul. Salah satu cara pengembangan karakter tersebut adalah dengan kegiatan ekstrakurikuler. Ekstrakurikuer merupakan materi tambahan yang dilaksanakan di luar jam pelajaran dengan berbagai kegiatan dan tujuan tertentu. Saat ini banyak sekali program eksrakurikuler yang diadopsi dan diterapkan di dunia pendidikan (sekolah) mulai dari tingkat dasar hingga tingkat menengah atas. Ekstrakurikuler dapat berupa kegiatan olahraga, kesenian, maupun gerakan kepanduan. Sebut saja ekstrakurikuler yang telah eksis sejak dulu adalah, pramuka, PMR, PKS, kemudian diikuti berbagai kegiatan olahraga dan kesenian.
Banyak manfaat yang dapat dipetik dari kegiatan ekstrakurikuler. Pengembangan jiwa disiplin, mental tangguh, menambah wawasan dan keterampilan adalah hal yang akan didapat jika mengikuti kegiatan ekstrakurikuler dengan tekun, semangat, dan senang. Dengan sering berlatih dan mengikuti ekstrakurikuler dengan sendirinya, pengetahuan yang diajarkan pelatih, mentor, maupun guru pendamping akan mendarah daging dalam diri siswa sehingga yang awalnya tidak tahu apa-apa bisa mengerti dan memiliki wawasan baru serta keterampilan saat menerapkan apa yang telah diserapnya.
Hal lain yang tidak bisa dipisahkan dari manfaat mengikuti ekstrakurikuler adalah mendapat banyak teman atau relasi. Kegiatan ekstrakurikuler bisa dikatakan “mendekatkan yang jauh dan merekatkan yang dekat”. Mereka yang mengikuti ekstrakurikuler tentu memiliki pemahaman, visi, dan misi yang terhadap apa yang diikutinya. Dengan perasaan yang sama tersebut akan terbangun hubungan layaknya kekerabatan atau persaudaraan. Awalnya tidak saling kenal karena berbeda kelas atau program studi, tetapi karena sering bertemu dan berlatih bersama akan timbul rasa saling mengenal dan menghormati serta memiliki layaknya saudara. Tidak hanya di tingkat lingkup kecil sekolah saja, dengan aktif mengikuti ekstrakurikuler akan banyak lagi relasi yang diperoleh. Misalnya saat mengikuti rapat koordinasi, kegiatan lomba, akan mengenal banyak teman dari lain sekolah maupun lain daerah.
Pepatah mengatakan dengan cinta dapat membuat seseorang mengorbankan segalanya. Begitu pula ketika seseorang sudah jatuh cinta dengan ekstrakurikuler akan membuatnya merasa nyaman. Ketika sekali saja tidak bisa mengikuti akan memnbuatnya kecewa. Perasaan yang sudah menyatu tersebut akan membuat seseorang menjadi lihai, mumpuni terhadap ekstrakurikuler yang ditekuni. Ketika ada kegiatan perlombaan maupun kejuaraan bisa saja seseorang tersebut menjurai kegiatan perlombaan tersebut. Ketika seseorang mendapat prestasi tentu bukan dirinya saja yang bangga, tetapi teman-teman, guru, sekolah, bahkan keluarga ikut bangga. Prestasi melahirkan kebanggaan.
Itulah beberapa manfaat dari kegiatan ekstrakurikuler. Jadi paradigma siswa yang hanya terfokus pada pengembangan kemampuan kognitif saja tidak tepat. Buktinya dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler siswa dapat memperoleh banyak hal. Bukan hanya kesenangan lahir tapi juga kepuasan batin.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar