KEBERHASILAN DIRAIH DARI MIMPI ATAU IMPIAN?



Setiap orang tentu punya harapan, angan-angan serta cita-cita yang ingin diraih. Untuk meraih hal tersebut banyak yang mengatakan “Segalanya itu dimulai dari mimpi”. Lantas banyak yang membuat joke “Keberhasilan dimulai dari mimpi, mari kita tidur untuk meraih mimpi”.hehe
Akan tetapi jika ditelaah dengan saksama ternyata ada kesalahan anggapan yang dipakai banyak orang dengan penggunaan kata mimpi. Kita mengenal mimpi disamakan dengan istilah bunga tidur, atau sesuatu yang terjadi ketika kita sudah tidur, dan tidak akan terjadi ketika kita masih terjaga.
Jika kita membuka literatur dalam hal ini KBBI, (Kamus Besar Bahasa Indonesia), di sana terdapat perbedaan yang mencolok antara kata mimpi dan impi. Sekilas kata impi tampak asing di telinga kita, itu merupakan bentuk kata asal. Mimpi menurut KBBI, merupakan sesuatu yang terlihat atau dialami dalam tidur. Sedang impi yang bertransformasi menjadi mengimpikan adalah mengaharapkan sesuatu dengan sangat.
Oke, itu tadi sekilas dari segi makna leksikal. Sekarang kita coba mengurai dari segi makna. Ketika seseorang mengharapkan sesuatu dengan sangat, langkah apa yang sebaiknya dilakukan? Tidur atau mengharapkan dengan sangat lalu berusaha meraihnya?
Ketika seseorang ingin memiliki kendaraan atau gadget baru? Cukupkah dengan tidur kendaraan dan gadget itu datang tiba-tiba di depan matanya? Bisa jadi iya, tapi itu pasti bukan miliknya, atau miliknya tapi hasil pemberian orang lain,hehe
Dalam hal ini tentu kita ingin memilkinya dengan usaha kita sendiri. Untuk memilikinya ternyata percaya atau tidak dengan kita memiliki impian, itu bisa melipatgandakan kemampuan kita untuk semakin dekat meraihnya. Seseorang yang punya motivasi lebih terhadap sesuatu tentu ia akan memiliki semangat yang lebih untuk meraihnya.
Contoh sederhananya dua orang siswa, yang satu termotivasi untuk meraih juara sehingga bisa membantunya mendapatkan Perguruan Tinggi yang terbaik, dan yang satunya biasa saja tanpa motivasi. Mungkin setelah lulus dua-duanya akan diterima di Perguruan Tinggi, tapi bisa diprediksi yang memiliki motivasi tinggi yang akan mendapat yang terbaik.
Soo, ubah paradigma kita, ternyata kesuksesan itu bukan berawal dari mimpi, tapi dari impian yang disertai dengan tindakan.

Komentar